Senin, 20 April 2015

Inilah 10 Robot yang Menyerupai Hewan

Hewan memiliki kemampuan yang lebih baik dari manusia seperti kemampuan terbang, kemampuan berenang yang lebih baik, berjalan lebih cepat, dan kemampuan unik lain yang dapat dilakukannya.

Oleh sebab itu, tak heran jika para ilmuwan membuat beberapa model robot menyerupai hewan. Mulai dari robot berbentuk anjing, Kanguru, bahkan kura-kura dapat diciptakan oleh para ilmuwan tersebut. Berikut 10 robot menyerupai hewan sebagaimana dilansir Discovery, Senin (6/4/2015).


Quote:

Anjing

Spot merupakan robot yang menyerupai anjing. Sama halnya dengan anjing, Spot memiliki empat kaki yang dapat berlari cepat, memanjat tangga dan dapat melakukan tendangan. Robot ini menggunakan sistem hidrolik listrik dan dirancang untuk operasi indoor dan outdoor.

Kanguru


BionicKangaroo merupakan robot yang dikembangkan oleh perusahaan otomasi Festo dan digunakan mengetahui cara unik kanguru tersebut bergerak. Layaknya kanguru, robot ini juga dapat loncat.


Gajah

Robot gajah ini terbuat dari 45 ton kayu reklamasi dan baja. Gajah mekanik ini dapat membawa hingga 49 penumpang dalam waktu 45 menit ketika berjalan.

Kura-kura

Robot berbentuk kura-kura ini bernama Beachbot. Robot ini didesain oleh Disney Research labs dengan menggunakan penggaruk dan sensor onboard untuk bergerak di pasir.


Semut

Perusahaan robot asal Jerman Festo diketahui membuat beberapa robot yang terinspirasi dari hewan. Salah satu robot terbarunya tersebut menyerupai bentuk semut. BionicAnt merupakan robot semut yang dapat berkoloni untuk menyelesaikan tugas-tugas mirip dengan bagaimana serangga bekerja sama untuk mendapat mewujudkan tujuan bersama.

Burung


Robot ini diklaim merupakan robot pelari berkaki dua tercepat dan paling lincah di dunia. Robot ini dikembangkan oleh para peneliti di Oregano State University Dynamic Robotics laboratory. Tak hanya itu robot ini memiliki keseimbangan sempurna dan dapat menahan tendangan, pukulan dan bahkan menghidar dari rentetan bola.


Ikan Hiu

Robot menyerupai hewan lainnya yakni robot menyerupai ikan hiu. Robot ini dirancang oleh Angkatan Laut dan disebut sebagai GhostSwimmer, kendaraan bawah air tak berawak. Robot ini digunakan untuk keperluan intelijen, pengawasan, dan pengintaian, serta inspeksi lambung kapal.

Ular

Robot ACM-R5H dikembangkan oleh HiBot yang berbasis di Jepang. Robot ini dirancang untuk melakukan pemeriksaan dan pencarian air. Sedangkan pada bagian depan, robot ini memiliki kamera nirkabel yang dipasang untuk menangkap gambar.


Cheetah

Robot Boston Dynamic Cheetah ini mampu berlari lebih cepat dibanding manusia, dengan kecepatan mencapai 28,3 mph, robot ini juga mampu meniru gerakan Cheetah.

Tarantula

T8 yang dirancang oleh Robugtix dan robot ini menyerupai tarantula sungguhan. T8 dilengkapi dengan 26 motor dengan tiga di setiap kaki dan dua berada di perut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar